Saturday, October 19, 2013

Cara Murah Meriah Bedah Rumah

 republika.co.id

Cara Murah Meriah Bedah Rumah

Ubah wajah ruangan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Arsitek Karlina Romasindah mengatakan, mendandani rumah bisa dilakukan tanpa harus merenovasi atau membeli perabotan baru. Yang membuat rumah menjadi berubah dari wajah sebelumnya adalah dengan mengecat warna baru. Yang pasti cat bagian depan, yang terdiri atas kanopi, lis, dan dinding luar. “Bagian-bagian luar ini di cat dengan warna baru. Polesan warna baru ini membuat rumah menjadi tampil beda,” ujar arsitek yang akrab disapa Lili ini.

Jika ruangan di dalam ingin tampil beda pula, pilih ruangan yang bakal menjadi sentral keluarga. Biasanya, ruang keluarga atau ruang makan. Ruangan ini yang dibenahi dengan warna baru. Tapi, kata lulusan Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) ini, tidak perlu semua bagian di ruangan tersebut diganti warna baru. Dari empat dinding, cukup satu bidang saja yang dicat ulang, tiga dinding lainnya biarkan dengan warna lama.

Andaikan tuan rumah enggan mengecat ulang, Lili memberi alternatif lain, yaitu memberi wallpaper sebagai aksen di ruang tersebut. “Corak atau warna wallpaper bisa di padukan dengan warna furnitur yang ada di ruangan agar serasi. Bisa dengan warna atau corak kain kursi, sarung bantal sofa, dan lainnya.”

Saat dompet keluarga sedang tipis, Lili tetap bisa melihat kemungkinan menjadikan rumah tetap semarak. Singkirkan angan-angan mengganti perabot baru. Hanya dengan menata ulang perabotan, ruangan bisa tampil memikat seperti baru kembali.

Biasanya, ada tiga ruangan yang perlu ditata ulang. Yakni, ruang tamu, ruang makan, dan ruang keluarga. Mendekorasi ruangan tersebut, kata Lili, tidak perlu merombak total semuanya. “Cukup perabotan tertentu yang dominan di ruangan tersebut yang diatur kembali,” katanya.

Perubahan bisa dilakukan dengan cara menukar kursi yang ada di ruang keluarga dengan kursi di ruang tamu. Perpindahan furnitur membuat wajah baru di ruangan tersebut. Penampilan baru bisa juga diperoleh dengan mengubah penataan kursi dari posisi sebelumnya. Penataan kursi yang biasanya kaku, tegak, dan letaknya berjauhan, kini disusun ulang agak menyerong dan berdekatan.

Perubahan susunan sedikit saja memberi dampak yang besar. Susunan kursi yang tadinya kaku, setelah jaraknya didekatkan, dan letak kursi agak menyerong akan memberi kesan terbuka dan lebih akrab, paparnya. Ruangan terlihat cantik dan rapi jika didukung aksesori ruangan yang bersih dan serasi. Lili juga menyarankan untuk mengganti taplak meja, sarung bantal kursi, dan gorden dengan yang bersih. Pilih perlengkapan itu dengan warnawarna senada agar tam pak serasi.

Ruangan yang sudah rapi, serasi, semakin indah ditambah pot berisi bunga hidup. Pilih bunga yang segar, berwarna, dan harum. Bunga-bunga cantik ini ditaruh dalam vas, lalu letakkan di ruang tamu dan ruang keluarga. Hindari meletakkan bunga di ruang makan, membuat aroma masakan kalah oleh harumnya bunga, ungkapnya.

Janganlah kalian membenci ayah-ayah kalian. Barang siapa yang membenci ayahnya berarti ia kafir.(HR Muslim)

  Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

No comments:

Post a Comment